Minggu, 10 April 2011

FINANCIAL MANAGEMENT 2


MANAJEMEN PIUTANG

Piutang adalah:
Tagihan kepada pihak lain dengan jangka waktu yg telah ditentukan sebagai
akibat adanya penjualan kredit.
Tujuan Penjualan Kredit:
1. Menaikkan volume penjualan dalam suatu periode tertentu
2. Strategi persaingan untuk memperbesar market share
Resiko Penjualan Kredit:
1. Tidak terbayarnya piutang ;
Tinggi Volume penjualan kredit tinggi, Dana diinvestasikan dalam piutangtinggi Resiko tidak terbayarnya piutang.
2. Keterlambatan Waktu pembayaran piutang
Biaya pengumpulan piutang (cash discount)
Untuk mengatasi Cash discount dg syarat biaya discount < tambahan
Laba.

Kebijakan Kredit :
Tujuan mendapatkan laba yang optimbal dg resiko minimal

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya investasi dalam piutang:
1. Volume Penjualan Kredit
tinggi proporsi penjualan kredit tinggi,dana dlm piutang tinggi,resiko tinggi profit
2. Syarat pembayaran penjualan kredit

Ada 2 Alternatif :
1. Dg ketat Piutang Kecil (Perush. Sangan selektif)
2. Dg Lunak Piutang besar (Perush. Kurang selektif)
3. Ketentuan tentang Pembatasan Kredit
4. Kebijakan dalam pengumpulan piutang
Pengumpulan Piutang secara Aktif  biaya pengumpulan piutangnya besar

Pengumpulan Piutang Pasif
(Horne and Wachowicz, 1995) Hal2 yg terkait dalam pengumpulan piutang
dan kebijakan kredit adalah:
1. Standar Kredit
Kualitas minimum penilaian kredit dr peminta kredit yg dpt diterima oleh perusahaan.
          Variabel yg hrs dipertimbangkan dlm pemberian kredit :
                   a.kualitas piutang dagang yg dpt diterima
                   b. jangka waktu periode kredit
                   c. potongan tunai untuk pembayaran lebih awal
                   d. program pengumpulan piutang
2. Termin Kredit
Jangka waktu periode kredit dan potongan tunai yg diberikan jika
dilakukan pembayaran lebih awal
3. Potongan Tunai
Prosentase pengurangan pembayaran dr jumlah bruto penjualan,
karena pembayaran dilakukan dalam periode potongan tunai.
4. Default risk
Kerugian dari piutang dagang tidak tertagih yang mungkin terjadi, karena pelonggaran standar kredit dan pelambatan waktu pengumpulan piutang.

5. Kebiasaan Membayar para langganan
Untuk menyeleksi para langganan yang akan diberi kredit dan berapa jumlah yg
harus diberikan. Hal ini berhubungan pula dg :
1. Kebiasaan langganan dalam membayar kembali
2. Kemungkinan langganan tidak membayar
3. Rata2 jangka waktu pembayaran
LANGKAH PENYARINGAN PARA PELANGGAN
1. Penentuan Besarnya risiko yg akan ditanggung oleh perusahaan
2. Penyelidikan tentang kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar